Panduan Pemasangan Kabel Pada Stop Kontak (Dengan Gambar Step By Step)

Memasang kabel pada stop kontak memang terlihat sepele / sederhana, tetapi kita tidak boleh menyepelekan hal-hal yang berkaitan dengan kelistrikan karena dapat membahayakan keselamatan kita sebagai pengguna peralatan listrik (seperti terjadi kebakaran atau tersengat arus listrik).

Berdasarkan pengalaman saya selama ini yang sering memasang sambungan kabel, saya ingin berbagi pengalaman saya mengenai cara memasang kabel pada stop kontak portabel. Mari kita simak langkah-langkah pemasangan stop kontak melalui gambar-gambar berikut ini:
































Oke, itulah langkah-langkah dalam memasang kabel pada stop kontak; juga beberapa trik digunakan seperti:
  • menggunakan cable ties utk mengganjal agar kabel tdk keluar dari stop kontak.
  • melapisi bagian atas isi tembaga urat kabel dgn kawat NYA 1,5 mm utk melindungi isi tembaga urat kabel dari kerusakan akibat putaran sekrup terminal.


Dan beberapa hal lain yang perlu diperhatikan karena penting ialah:
  • TIDAK BOLEH TERDAPAT SAMBUNGAN KELISTRIKAN YANG LONGGAR karena dapat menyebabkan percikan api yang lama-kelamaan menjadi panas dan terbakar.
  • Besi Arde (Ground) tidak boleh dialiri arus listrik, oleh karena itu dalam pemasangan, kita perlu teliti dan selalu mengecek untuk memastikan bahwa besi ground tidak tersentuh dengan kutub positif atau negarif listrik. Berdasarkan pengalaman saya, sudah berberapa kali saya kesetrum/tersengat arus listrik akibat menyentuh besi arde (ground) yang dialiri arus listrik. Jadinya sekarang saya agak trauma jika akan menyentuh besi arde (ground) dari sebuah stop kontak (jika stop kontak tersebut bukan saya yang pasang kabelnya).
  • Antisipasi terjadinya korsleting (kutub positif dan negatif listrik saling terhubung).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mudah Share Lokasi Rumah Saat tidak Berada di Rumah

Jadwal Layanan Kesehatan di Puskesmas

Cara Mengurus Surat Keterangan Pindah Datang Yogyakarta dan Prosedur Pindah Jiwa Antar Kota/Kabupaten