Cara Mudah Pengaduan dan Keluhan Pelanggan Listrik PLN

Cara Mudah Pengaduan dan Keluhan Pelanggan Listrik PLNKemajuan teknologi informasi membuat segala sesuatunya lebih mudah. Jika teknlogi ini digunakan untuk sesuatu yang bermanfaat, tentu akan membantu masyarakat banyak. Salah satu kemudahan yang bisa kita rasakan adalah soal pengaduan listrik PLN. 

PT PLN (Persero) membuka beberapa alternatif bagi masyarakat untuk menyampaikan keluhan dan mengakses layanan . Beberapa contact center tersebut antara lain :

Melalui Telepon dan Ponsel
Telepon PSTN : tekan 123 (tarif lokal)
Ponsel : tekan kode area, misalnya 021 kemudian tekan 123 (tarif provider)
Ada tiga layanan informasi yang tersedia setelah anda menekan 123 :

  • Tekan 1 : Layanan informasi tagihan listrik
  • Tekan 2 : Layanan pengaduan gangguan dan keluhan pelanggan
  • Tekan 3 : Layanan penyambungan baru, perubahan daya, penyambungan sementara dan layanan lainnya.
Melalui Email : pin123@pln.co.id
Pelanggan dapat mengakses layanan pengajuan penyambungan baru, perubahan daya, penyambungan sementara, informasi pelanggan, keluhan dan pengaduan pelanggan.

Melalui SMS (Pesan Singkat)
Ketik : INFO , kirimke 0838 8888 123
Melalui sms, pelanggan bisa mendapatkan layanan transaksi, gangguan dan keluhan.

Melalui Facebook lewat akun : PLN123
Melalui facebook, pelanggan bisa melakukan pengajuan penyambungan baru, perubahan daya, penyambungan sementara, informasi pelanggan, keluhan dan pengaduan pelanggan.

Melalui Twitter akun : @pln_123
Melalui twitter, pelanggan bisa mengakses informasi mengenai  pengajuan penyambungan baru, perubahan daya, penyambungan sementara, informasi pelanggan, keluhan dan pengaduan pelanggan.

Pengaduan kenaikan tarif karena pencabutan subsidi pelanggan PLN 900VA
Dengan dicabutnya subsidi untuk pelanggan PLN 900VA, maka terjadilah kenaikan tarif yang dirasakan memberatkan oleh sebagian warga masyarakat.

Jika anda merasa bahwa anda layak dapat subsidi, maka jalan yang bisa anda tempuh adalah melakukan pengaduan kepada pemerintah.
    • Pengaduan disampaikan ke kantor desa atau kelurahan setempat.
    • Anda mengisi formulir pengaduan yang disediakan oleh kelurahan.
    • Perangkat desa /kelurahan akan meneruskannya ke tingkat kecamatan.
    • Kecamatan secara online akan meneruskan ke Posko Pengaduan Pusat.
    • Selengkapnya bisa anda lihat di http://subsidi.djk.esdm.go.id/ 
Menyikapi kenaikan tarif ini, kami juga sedikit mengulasnya di "Mencoba Bijak Menyikapi Kenaikan Tarif Dasar Listrik Rumah Tangga 900 VA"

Pengalaman kami menggunakan layanan listrik PLN di 123
Kemarin ketika kami hendak mengajukan permohonan tambah daya dari 900w menjadi 1300w, kami menghubungi 0274-123. Di ujung telepon kami disambut oleh petugas yang ramah, rasanya seperti ketika anda mengecek pulsa telepon seluler.

"Selamat datang di layanan bla bla bla..."
Lalu seperti yang tertulis di atas, kami diberikan 3 jenis layanan, tekan1,2 , dan 3. Karena kami akan menambah daya, kami menekan 3. Setelah itu petugas menjelaskan beberapa persyaratan yang dibutuhkan dan juga biayanya.

Kemudian petugas PLN akan mendatangi alamat kami paling lambat 5 hari kerja setelah kami telepon. Kami juga diingatkan bahwa petugas PLN yang akan datang tidak meminta ongkos apapun atas jasanya. Kami cukup membayar biaya yang dijelaskan lewat telepon tadi.

petugas resmi pln panggilan
Petugas PLN "OTW"


Bagaimana mudahkan? Demikian cara mudah pengaduan dan keluhan pelanggan PLN.

Keluhan Pemadaman Listrik PLN
Salah satu yang sering dikeluhkan pelanggan adalah seringnya pemadaman listrik oleh PLN. Ada beberapa penyebab mengapa pemadaman sering terjadi.


  1. Penambahan peralatan jaringan.
  2. Pemeliharaan Preventif (Preventive Maintenence)  pembangkit, penggantian kabel konduktor (rekonduktoring) transmisi 150 KV, jaringan dan gardu yang sudah dijadwalkan sebelumnya   dengan tujuan justru untuk menjaga keandalan agar tidak terjadi kerusakan yang lebih fatal.
  3. Terganggunya suatu unit pembangkit : gangguan pada sistem pelumasan, sistem pendingin, generator, boiler pemanas air menjadi uap.
  4. Terganggunya jaringan / transmisi listrik : Saluran Udara Tegangan Tinggi 150 kV tersambar petir, terkena pohon roboh, tanah longsor, trafo meledak dan lain-lain
  5. Terganggunya instalasi pelanggan karena hubung singkat, kerusakan alat-alat listrik yang dipakai atau beban lebih besar dari daya tersambung



Guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Jaringan distribusi PLN telah dilengkapi peralatan proteksi PLN berupa lighting arrester, pemutus,recloser serta pembumian yang andal. Dengan peralatan yang ada maka kondisi gangguan akan terdeteksi dan diatasi dengan cepat.

Mencegah Modus Penipuan Oknum Mengaku Petugas PLN
Menyikapi beberapa aduan akan adanya oknum yang mengaku petugas PLN, entah itu sales alat penghemat listrik atau apalah, maka hendaknya anda mengenali ciri- ciri petugas PLN resmi berikut ini :

  1. Setiap petugas PLN yang datang ke rumah dilengkapi dengan tanda pengenal, seragam resmi, surat tugas dan berkendaraan dinas.
  2. Tidak ada transaksi keuangan di tempat.
  3. PLN menerbitkan nomor registrasi untuk dibayar di bank atau payment point online bank (PPOB)
  4. Setiap transaksi ada kode khusus untuk keabsahan transaksi perbankan.
(http://jogja.tribunnews.com/epaper/index.php?hal=4)
Maka anda sebaiknya berhati - hati.





Sumber :
Koran Tribun Jogja , Rabu 20 Maret
http://www.pln.co.id/lampung/?p=3408


Tarif PLN terbaru April - Juni 2017
kenaikan tarif pln april juni 2017
Tarif  Listrik PLN April- Juni 2017 pln.co.id
Untuk keluhan pelanggan PLN, silahkan langsung hubungi Call (kode area)123 atau saluran keluhan pelanggan PLN lainnya yang telah kami tulis di atas.

Blog ini hanya membagikan informasi saja, dan tidak melayani keluhan pelanggan PLN. Terimakasih telah berkunjung..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mudah Share Lokasi Rumah Saat tidak Berada di Rumah

Jadwal Layanan Kesehatan di Puskesmas

Cara Mengurus Surat Keterangan Pindah Datang Yogyakarta dan Prosedur Pindah Jiwa Antar Kota/Kabupaten